Monday, February 28, 2011

McAfee, A Good Decade for Cybercrime

Sudah lebih dari satu dekade transformasi dari internet yang memungkinkan orang berkomunikasi, berbagi informasi dan melakukan bisnis dengan cara yang tidak mungkin sebelumnya bagi para pengguna internet.

Selain manfaat dari perubahan besar, jutaan mangsa juga telah jatuh ke tangan pelaku kejahatan di dunia maya. Cybercrime telah berkembang selama dekade terakhir, berkembang dua kali lipat tahun demi tahun, dan menyebabkan kerugian ratusan juta dolar setiap tahunnya.

McAfee, meneliti 'A Good Decade for Cybercrime', meneliti sepuluh tahun terakhir dari taktik cybercriminal dan ancaman online, era yang secara dramatis mengubah wajah kejahatan.

"Cybercrime is one of the fastest growing and lucrative industries of our time," kata Dave Marcus, direktur penelitian keamanan untuk McAfee Labs.

"From the 'I Love You Worm' of 2000, to today's ever-evolving threats on social media sites, we've watched these cyber criminals and their tactics grow in sophistication. The days of destruction purely for bragging rights are over now it's all about making money and not getting caught," kata McAfee.

Selama sepuluh tahun terakhir, penggunaan internet telah meledak, tumbuh lebih dari lima kali lipat dari 361 juta pengguna di tahun 2000 menjadi hampir dua miliar pengguna pada tahun 2010, menurut InternetWorldStats.com.

Dengan serangan baru dari situs e-commerce dan peluang pendapatan, Internet telah menjadi harta karun uang dan informasi yang telah terbukti sangat menarik untuk cybercrooks.

Berikut ini beberapa kasus yang terjadi :

1. Kasus Dubar

Pada akhir 1990-an karyawan perusahaan mobil lapis baja Dunbar, Allen Pace, mendalangi rencana cybercrime yang masih
dianggap sebagai perampokan uang terbesar dalam sejarah AS.

Pace, seorang inspektur keselamatan Dunbar, menggunakan hak akses pribadinya di Dunbar untuk memotret dan meneliti depot mobil lapis baja perusahaan.

Dia kemudian merekrut lima teman masa kecilnya untuk membantu dia menyelinap ke fasilitas Dunbar di Los Angeles. Mereka menyergap para penjaga dan menjarah brankas yang berisi US$18.900.000. Sebagian dari uang yang dijarah itu dilacak dan Pace tertangkap lalu dikenai hukuman 24 tahun penjara.

2. Conficker worm

Worm yang pada tahun 2008 lalu menyerang dan menginfeksi jutaan komputer telah menyebabkan kerugian mencapai US$9.1 milyar. Conficker yang dikenal juga dengan nama Downup, Downadup, atau Kido, telah berevolusi menjadi beberapa varian yang kesemuanya bisa menimbulkan kerusakan yang cukup serius.

Conficker ini sendiri masih belum jelas dari mana asalnya. Beberapa mengatakan bahwa kemungkinan besar worm ini berasal dari Ukraina.

Beberapa laporan dari serangan terbesar muncul dimana-mana, di tahun 2010 contohnya. Jaringan komputer Greater Manchester Police terinfeksi dan mengakibatkan lumpuhnya jaringan selama tiga hari menuju Police National Computer. Selama masa tersebut, polisi hanya melakukan tugas-tugas patroli biasa dan pekerjaan mereka terhambat.


sumber :
http://www.mcafee.com/us/resources/reports/rp-good-decade-for-cybercrime.pdf

No comments:

Post a Comment